5 Kiat Menunggang Kuda untuk Pemula, Anda Dijamin Bisa!

5 Kiat Menunggang Kuda untuk Pemula, Anda Dijamin Bisa!

August 2, 2019 Uncategorized 0

Menunggang kuda merupakan salah satu aktivitas olahraga yang digiati oleh sebagian warga perkotaan yang lelah dengan hiruk pikuk perkotaan serta kesibukan sehari-hari.  Menunggang kuda bukanlah hal yang mudah untuk dipelajari, namun tidak ada salahnya untuk mencoba kegiatan baru yang belum terlalu banyak dilakukan.

Untuk Anda yang berminat memulai aktivitas menunggang kuda, berikut merupakan 5 kiat yang perlu diperhatikan untuk penunggang kuda pemula agar tidak bingung harus memulai dari mana :

  1. Menemukan tempat menunggang kuda yang cocok untuk Anda

Source : Dok Kurnia Stable

Sebelum memulai aktivitas berkuda, ada baiknya Anda mencari terlebih dahulu tempat berkuda yang sesuai dengan preferensi Anda. Carilah stable atau ranch yang terdekat dengan domisili Anda agar Anda bisa konsisten untuk melatih diri dalam berkuda dan menjadikannya sebagai aktivitas yang permanen.

Setelah menemukan stable yang potensial, Anda dapat mencari informasi soal harga yang berlaku untuk aktivitas berkuda, apakah stable tersebut menyediakan pelatih dan berapa paket harga yang ditawarkan. Jika harga dan kelengkapannya sudah sesuai, Anda perlu melakukan survei baik secara online ataupun secara langsung untuk menentukan apakah lokasi tersebut memiliki medan dan luas area yang cocok untuk Anda berlatih. Untuk Anda yang menjadikan pemandangan sebagai mood booster dalam beraktivitas, pemandangan mungkin bisa menjadi salah satu alasan spesifik dalam memilih stable yang tepat untuk Anda berkuda.

Pada saat Anda melakukan survei, pastikan juga Anda mendapatkan informasi soal kualitas pelatih dan standar keamanan yang dimiliki oleh stable tersebut. Kualitas pelatih memiliki andil untuk menentukan seberapa cepat Anda menguasai ilmu menunggang kuda. Sementara standar keamanan pun cukup penting sebagai dasar pengambilan keputusan untuk Anda memilih berlatih kuda di stable tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu mencari informasi soal kuda-kuda yang dimiliki oleh stable tersebut. Anda bahkan bisa memilih terlebih dahulu kuda mana yang ingin Anda naiki sebelum Anda memutuskan ingin berlatih di sana.

2. Menemukan pakaian berkuda yang nyaman untuk Anda

Source : Laila Klinsmann – www.pexels.com

Pakaian merupakan salah satu aspek yang penting dalam aktivitas berkuda. Hal ini tentunya terkait dengan keamanan serta kenyamanan Anda saat berkuda.

Berikut merupakan pakaian esensial yang Anda perlukan untuk berkuda :

  • Riding pants atau celana berkuda, terkadang disebut “jodhpurs,” merupakan bagian paling penting dari pakaian penunggang kuda. Riding pants  sendiri didesain untuk menyediakan kenyamanan dan juga bersifat fungsional. Riding pants juga tersedia dalam variasi mode yang meliputi  knee patchfull seathigh rise, and low rise. Seiring dengan perkembangan mode secara global, kini penunggang kuda juga bisa menemukan riding pants yang terlihat seperti celana jins.
  • Riding shirts atau atasan berkuda. Untuk aktivitas berkuda, penunggang kuda dapat memilih mode atasan yang sesuai dengan preferensi masing-masing. Saat ini, kebanyakan penunggang kuda merasa nyaman dengan atasan berkerah maupun kaos polo karena pakaian tersebut membuat mereka tampak profesional dan rapi.
  • Belts atau ikat pinggang. Kebanyakan penunggang kuda menyukai ikat pinggang sebagai pelengkap celana berkuda yang mereka kenakan.
  • Boot socks dipakai oleh penunggang kuda untuk fungsinya karena hal ini membuat mereka menjadi lebih optimal saat beraktivitas.
  • Riding hats dipakai oleh penunggang kuda untuk menjaga agar rambut mereka tidak tertiup angin sehingga dapat tetap nyaman dalam beraktivitas.

3. Mencari instruktur berkuda yang tepat untuk Anda

Source : Dok Kurnia Stable

Seperti yang telah disampaikan pada kiat pertama, apabila Anda ingin menguasai cara menunggang kuda dengan cepat, ada baiknya Anda memilih instruktur berkuda yang bisa diandalkan.

Berikut merupakan langkah-langkah memilih instruktur berkuda :

  • Memilih instruktur berkuda yang telah terbukti pengalamannya dan memiliki kompetensi yang diperlukan. Anda bisa memilih instruktur berkuda dengan menanyakannya ke pihak stable dan menceritakan ekspektasi Anda. Setelah Anda dipertemukan dengan calon instruktur Anda, Anda dapat berbincang dengannya untuk memastikan bahwa pengalaman calon instruktur tersebut sesuai dengan kebutuhan pembelajaran Anda.
  • Setelah Anda menemukan instruktur yang cocok, pastikan untuk memberitahukan kepada instruktur tersebut bahwa Anda adalah seorang pemula.
  • Memilih seorang instruktur yang memang telah memiliki pengalaman mengajar yang cukup banyak karena instruktur yang lebih berpengalaman biasanya akan mengajar dengan ritme yang tepat untuk pemula.

4. Teknik naik kuda, berjalan biasa, berlari

Source : Dok Kurnia Stable

Saat memulai naik kuda, sebaiknya Anda selalu memulai dari sisi kiri kuda sebab kekuatan pijakan ada di kaki sebelah kanan pada kebanyakan orang, sehingga Anda dapat menghentak untuk naik ke atas. Kemudian, Anda dapat meloncat sekali untuk langsung naik apabila hentakan dan pegangan tangan sangat kuat.

Setelah Anda berhasil menguasai teknik naik kuda, awali dengan mengendalikan kuda untuk berjalan biasa terlebih dahulu dan mengendalikan kestabilan. Saat menunggang kuda untuk berjalan secara biasa, hentakkan kedua kaki sedikit ke arah perut kuda dan kuda pun akan maju.

Setelah posisi duduk sudah penuh di pelana dan merasa nyaman, jangan lupa menjaga keseimbangan. Keseimbangan bisa dijaga dengan mengatur pinggang. Setelah stabil dan mampu berjalan biasa dengan baik, maka teknik menunggang kuda selanjutnya adalah lari biasa. Mulailah dengan merapatkan kedua kaki ke tubuh kuda dan kuda akan berlari dengan kecepatan normal. Berkonsentrasilah dalam mengendalikan kuda saat berlari agar Anda tidak jatuh.

5. Bersabar dalam menunggang kuda dan ingat kembali alasan Anda memulai

Menunggang kuda bukanlah suatu olahraga yang mudah dipelajari. Tidak ada cara instan yang dapat dimanfaatkan untuk menguasai aktivitas berkuda. Kesabaran dalam mempelajari cabang olahraga ini adalah salah satu kunci untuk bisa berhasil. Dengan rasa sabar yang tinggi, setiap kali Anda jatuh dari kuda dan setiap kali kuda yang Anda tunggangi tidak menurut pada kendali Anda, Anda akan tetap semangat dan tidak putus asa begitu saja sehingga memutuskan untuk berhenti belajar.

Belajar dalam menunggang kuda terkadang terasa cukup lambat sehingga Anda pun mungkin akan bosan. Ketika Anda merasa stuck dan tidak ada kemajuan dalam berlatih, inilah fase di mana rasa bosan akan muncul.

Pada minggu-minggu pertama, belajar untuk seimbang dan stabil selama menunggang kuda memang sangat berpotensi memakan waktu cukup lama sehingga memang terkadang Anda merasa seperti tak ada kemajuan sama sekali. Kesabaran Anda pun dibutuhkan pada fase ini. Konsistensi Anda harus lebih besar daripada rasa bosan yang muncul. Agar cepat bisa, jangan mudah tergoda untuk berhenti.

Selain bersabar, untuk menghadapi godaan untuk berhenti, Anda perlu ingat alasan mengapa Anda memulai pertama kali. Dengan ini, Anda akan mengingat manfaat berkuda untuk Anda. Apakah itu untuk kebugaran dan kesehatan Anda, apakah itu untuk relaksasi dan refreshment, atau apakah itu untuk jaringan koneksi yang Anda perlukan dalam berbisnis. Semuanya kembali lagi kepada Anda.

Itulah 5 kiat yang dapat Anda optimalkan sebagai pemula dalam aktivitas menunggang kuda. Selamat mencoba! Untuk Anda yang berdomisili di daerah Jabodetabek dan sedang mencari stable yang sesuai, Anda bisa klik bit.ly/KurniaStable untuk segera mulai berkuda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *